10 Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2023

10 Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2023

10 Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2023 – Pembahasan kali ini tentang klub sepak bola terkaya di 2023 yang mana aliran dananya deras bagaikan hujan mengguyur bumi. Saking derasnya aliaran dananya hingga melihat nominalnya saja maka mata kita pasti bakal berbinar-binar, mulut terkunci rapat.

Tidak heran kalau pemain di klub-klub ini gajinya setara dengan gaji CEO perusahaan raksasa hingga mereka bahkan menjadi ikon dalam dunia sepak bola. Melihat dari jersey-nya saja kita pasti langsung terbayang klub tersebut yang memiliki kekayaan yang sangat fantastis.

Dari gaji pemain sampai sponsor-sponsor kelas kakap, semuanya berlimpah ruah dengan uang.
Jadi, jangan heran kalo klub-klub ini bisa beli pemain bintang dengan harga fantastis. Ok mania sepak bola ? Jadi tidak sabar ingin tahu klub mana aja yang jadi terkaya di 2023? Yuk, kita bahas satu per satu !

10 Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2023

Daftar 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia 2023

Banyak klub sepak bola dunia khususnya di benua Eropa yang memiliki bayak aset sehingga masuk dalam jajaran klub terkaya dunia.

10 daftar klub sepak bola terkaya di dunia 2023 : 

1. Manchester City

Klub sepak bola yang berpusat di Manchester, Inggris ini masih menjadi klub sepak bola terkaya dunia pada tahun 2023 dengan kepemilikan Abu Dhabi United Group, klub ini memiliki nilai hingga $4,8 miliar.

2. Paris Saint-Germain

PSG, klub sepak bola yang berkedudukan di Paris, Prancis ini adalah klub sepak bola terkaya kedua dengan nilai hingga $4,3 miliar. Klub ini milik perusahaan investasi Qatar Sports Investments.

3. Manchester United

Klub sepak bola yang berbasis di Manchester, Inggris ini menempati posisi ketiga sebagai klub sepak bola terkaya dengan nilai sekitar $4,2 miliar. Klub ini milikh keluarga Glazer dari Amerika Serikat.

4. FC Barcelona

Klub sepak bola yang berpusat di Barcelona, Spanyol ini adalah klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $4 miliar.

5. Real Madrid 

Klub sepak bola yang berkedudukan di Madrid, Spanyol ini termasuk sebagai klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $3,8 miliar.

6. Bayern Munich

Klub sepak bola yang berbasis di Munich, Jerman ini merupakan klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $3,2 miliar.

7. Liverpool FC

Klub sepak bola yang berpusat di Liverpool, Inggris ini masuk sebagi klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $2,9 miliar. Klub ini milik Fenway Sports Group, sebuah perusahaan Amerika Serikat.

8. Chelsea FC

Klub sepak bola yang berbasis di London, Inggris ini termasuk sebagai klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $2,7 miliar. Klub ini milik Roman Abramovich, seorang pengusaha asal Rusia.

9. Tottenham Hotspur

Klub sepak bola yang berkedudukan di London, Inggris ini masuk sebagai klub sepak bola terkaya dengan nilai hingga $2,4 miliar.

10. Juventus

Klub sepak bola yang berbasis di Turin, Italia ini menempati posisi kesepuluh sebagai klub sepak bola terkaya dengan hingga sekitar $2,2 miliar.

Sumber Dana dan Kekayaan Klub Besar Eropa

Klub besar Eropa biasanya memiliki sumber dana dan kekayaan yang bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang terkait dengan klub seperti popularitas, prestas dan aspek bisnis.

Sumber dana dan kekayaan klub besar Eropa antara lain :

#  Pendapatan dari penjualan tiket pertandingan

Klub besar Eropa mendapatkan pendapatan yang signifikan dari penjualan tiket pertandingan. Klub-klub besar seperti Barcelona, Real Madrid, Manchester United, dan Bayern Munich, menghasilkan pendapatan yang cukup besar dari penjualan tiket pertandingan mereka, terutama dalam pertandingan kandang.

#  Sponsorship dan Endorsement

Klub besar Eropa sering kali memiliki sponsor utama yang membayar sejumlah besar uang untuk menempatkan logo mereka di jersey tim, seperti misalnya Emirates dengan Arsenal atau Chevrolet dengan Manchester United. Selain itu, klub-klub juga mendapatkan keuntungan dari endorsement atau promosi produk-produk tertentu, seperti Adidas yang mensponsori Real Madrid.

#  Penjualan merchandise dan produk resmi klub

Klub besar Eropa juga menghasilkan pendapatan dari penjualan merchandise dan produk resmi klub, seperti kaos, topi, dan produk lainnya.

#  Investasi dan keuntungan dari bisnis lain

Beberapa klub besar Eropa memiliki portofolio investasi yang terdiversifikasi dan bisnis di sektor lain yang menghasilkan keuntungan yang signifikan, seperti usaha properti, restoran, dan klub malam.

#  Keuntungan dari transfer pemain

Klub besar Eropa juga menghasilkan pendapatan dari transfer pemain, baik menjual pemain ke klub lain atau membeli pemain baru untuk klub mereka sendiri.

#  Dukungan dari pemerintah atau keluarga kerajaan

Beberapa klub besar Eropa memiliki dukungan dari pemerintah atau keluarga kerajaan, seperti PSG yang didukung oleh Pemerintah Qatar atau Manchester City yang memiliki backing dari keluarga kerajaan Abu Dhabi.

Author: emart