10 Daftar Perusahaan Manufaktur Terkemuka di Inggris

10 Daftar Perusahaan Manufaktur Terkemuka di Inggris

10 Daftar Perusahaan Manufaktur Terkemuka di Inggris – Inggris yang merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mumpuni dan handal.

Sistem pemerintahan negara ini yaitu monarki kerajaandan terkenal dengan budayanya yang sangat panjang dalam sejarah. Bahkan dapat dikatakan bahwa negara ini pada masa lampau, memiliki kekuatan militer yang sangat kuat.

Ini dapat terbukti dengan banyaknya negara-negara di dunia yang merupakan bekas wilayah jajahannya, bahkan sekelas Amerika  Serikat yang saat ini terkenal sebagai negara Adidaya, juga merupakan bekas jajahan pemerintahan Inggris.

Bahkan, tidak sedikit ilmuwan, sejarawan, dan tokoh hebat yang mengubah sejarah dunia, berasal dari Inggris. Tidak hanya itu saja, Inggris juga merupakan negara yang mampu mengembangkan berbagai teknologi utamanya dalam era digital ini.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas secara spesifik, Inggris yang memiliki beberapa perusahaan dan industi Manufaktur yang telah memeberi sumbangsih yang besar terhadap perekonomian dunia. Ok, sobat pembaca yang setia, mari kita ulas satu persatu perusahaan manufaktur terkemuka Inggris!

10 Daftar Perusahaan Manufaktur Terkemuka di Inggris

1. Rolls-Royce Holdings plc

Perusahaan ini terkenal dalam bidang manufaktur mesin pesawat terbang dan turbin gas. Rolls-Royce juga terlibat dalam produksi kendaraan angkasa, sistem pembangkit listrik, dan mesin maritim.

2. BAE Systems plc

Merupakan perusahaan pertahanan dan keamanan terkemuka di Inggris. BAE Systems memproduksi pesawat tempur, sistem pertahanan udara, kendaraan tempur darat, kapal perang hingga sistem elektronik militer.

3. Jaguar Land Rover Automotive plc

Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam manufaktur mobil mewah dan kendaraan off-road. Jaguar Land Rover terkenal dengan merek mobil premium seperti Jaguar, Land Rover hingga Range Rover.

4. GlaxoSmithKline plc (GSK)

GSK adalah perusahaan farmasi global yang memproduksi dan mengembangkan obat-obatan, vaksin hingga produk kesehatan konsumen. Perusahaan ini memiliki pusat penelitian dan pengembangan di Inggris.

5. Unilever plc

Perusahaan ini fokus pada manufaktur produk konsumen, seperti makanan dan minuman, produk perawatan pribadi hingga pembersih rumah tangga. Unilever memiliki merek terkenal seperti Dove, Knorr, Ben & Jerry’s, dan banyak lainnya.

6. Diageo plc

Perusahaan ini merupakan salah satu produsen minuman terkemuka di dunia, dengan ragam  yang mencakup minuman keras seperti Johnnie Walker, Smirnoff, Guinness hingga Baileys.

7. Airbus UK

Merupakan divisi Inggris dari Airbus, perusahaan manufaktur pesawat terbang terbesar di Eropa. Airbus UK terlibat dalam perancangan, pengembangan hingga produksi berbagai jenis pesawat komersial.

8. GKN Aerospace

Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam manufaktur dan teknologi aerostruktur, mesin pesawat hingga sistem penerbangan. Industi ini menyediakan komponen dan sistem untuk industri penerbangan global.

9. GlaxoSmithKline Consumer Healthcare

Adalah unit bisnis dari GSK yang memproduksi dan memasarkan berbagai produk kesehatan dan kecantikan konsumen, seperti pasta gigi Sensodyne, Aquafresh, hingga berbagai merek lainnya.

10. Dyson Ltd

Perusahaan ini terkenal dengan produk-produk inovatif mereka,seperti vakum tanpa kabel, pengering rambut, kipas angin hingga peralatan elektronik rumah tangga lainnya. Dyson terus melakukan penelitian dan pengembangan pada bidang teknologi rumah tangga.

10 Inovasi dan Teknologi Perusahaan

1. R&D (Penelitian dan Pengembangan)

Perusahaan manufaktur Inggris banyak menginvestasikan sumber daya dalam kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D). Perusahaan melakukan riset yang mendalam untuk menghasilkan produk dan teknologi baru yang lebih canggih, efisien hingga berkelanjutan.

2. Industri 4.0

Perusahaan manufaktur Inggris telah mengadopsi konsep Industri 4.0, yang melibatkan penggunaan teknologi digital dan konektivitas untuk meningkatkan efisiensi produksi dan manajemen. Perusahaan menerapkan otomasi, robotika, Internet of Things (IoT), big data hingga kecerdasan buatan (AI) dalam operasi mereka.

3. Digitalisasi Proses Produksi

Perusahaan menggunakan sistem kontrol yang canggih, pemantauan real-time, dan analisis data untuk mengoptimalkan produksi, mengurangi waktu siklus hingga meningkatkan kualitas produk.

4. Manufaktur Additif

Perusahaan-perusahaan manufaktur Inggris telah mengadopsi teknologi manufaktur additif, seperti pencetakan 3D, sehingga dapat menciptakan produk dengan kecepatan dan fleksibilitas yang lebih tinggi. Perusahaan dapat menghasilkan prototipe, suku cadang hingga komponen yang kompleks dengan biaya rendah dan waktu yang lebih singkat.

5. IoT dan Pabrik Cerdas

Perusahaan manufaktur Inggris menggunakan Internet of Things (IoT) untuk menghubungkan peralatan dan sistem dalam pabrik mereka. Ini memungkinkan pemantauan real-time, prediksi kerusakan mesin, manajemen rantai pasok yang lebih efisien hingga produksi yang lebih adaptif.

6. Kecerdasan Buatan (AI)

Perusahaan manufaktur menggunakan AI untuk menganalisis data produksi, meningkatkan pemeliharaan prediktif, mengoptimalkan rantai pasok, hingga mengembangkan sistem manajemen yang lebih cerdas.

7. Keberlanjutan dan Energi Hijau

Perusahaan manufaktur Inggris telah mengadopsi teknologi yang lebih ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Perusahaan berupaya mengurangi limbah dan emisi karbon melalui praktik-produksi yang berkelanjutan.

8. Kolaborasi dan Kemitraan

Perusahaan manufaktur Inggris bekerja sama dengan lembaga penelitian, universitas, dan pihak lain untuk mengembangkan teknologi inovatif. Perusahaan menjalin kemitraan strategis untuk berbagi pengetahuan, sumber daya, dan fasilitas penelitian yang diperlukan sehingga dapat menciptakan terobosan teknologi baru.

9. Produk dan Desain Inovatif

Perusahaan menggabungkan teknologi canggih dengan kreativitas dalam pengembangan produk yang memenuhi kebutuhan pasar sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen.

10. Pengembangan Keterampilan

Perusahaan manufaktur Inggris berinvestasi dalam pengembangan keterampilan karyawan mereka untuk menghadapi tantangan teknologi yang terus berkembang. Mereka memberikan pelatihan dan pendidikan yang diperlukan untuk memastikan pekerja memiliki pemahaman yang baik tentang inovasi dan teknologi terkini.

 

Author: emart