10 Perusahaan Berskala Internasional Berbasis di Tiongkok

10 Perusahaan Berskala Internasional Berbasis di Tiongkok

10 Perusahaan Berskala Internasional Berbasis di Tiongkok – Cina yang sekarang lebih dikenal dengan nama Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dulu termasuk negara yang tergolong misikin. Negara Tiongkok memiliki luas daratan terluas dan jumlah penduduk yang terbanyak di dunia. Negara ini memiliki potensi yang sumber daya alam yang sangat besar namun belum terkelola dengan baik.

Namun pada tahun 90an Tiongkok mengalami perubahan besar dalam sistem pemerintahan sehingga turut mempengaruhi seluruh bidang dan menjadikan Tiongkok salah negara industri.

Tidak hanya itu saja, Tiongkok terus mengalami perkembangan pesat dalam Iptek dan sains sehingga Tiongkok bisa menjadi negara yang mengimbangi bahkan sudah setara dengan Amerika Serikat.

10 Perusahaan Berskala Internasional Yang Berbasis di Tiongkok

Tiongkok memiliki banyak perusahaan berskala internasional yang telah mencapai kesuksesan di berbagai sektor industri.

10 perusahaan terkenal yang berbasis di Tiongkok :

1. Alibaba Group

Alibaba Group adalah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Mereka mengoperasikan platform perdagangan elektronik B2B dan B2C terkemuka, seperti Alibaba.com, Taobao dan Tmall.

2. Tencent Holdings

Tencent Holdings merupakan perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok, terkenal sebagai pengembang dan operator WeChat, platform pesan instan dan media sosial yang sangat populer.

3. Huawei Technologies

Huawei Technologies adalah salah satu produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia. Perusahaan ini terkenal dengan produk-produknya seperti ponsel cerdas, perangkat jaringan hingga solusi infrastruktur telekomunikasi.

4. Lenovo Group

Lenovo Group adalah perusahaan teknologi multinasional yang terkenal dengan produk-produk komputer dan perangkat keras. Perusahaan ini merancang, memproduksi dan menjual laptop, desktop, tablet, ponsel cerdas dan server.

5. JD.com

JD.com, juga terkenal sebagai Jingdong, adalah salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di Tiongkok. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam produk antara lain elektronik, pakaian, makanan dan produk rumah tangga.

6. Baidu

Baidu adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada mesin pencari dan layanan internet. Perusahaan ini sering disebut sebagai “Google-nya Tiongkok” karena dominasi mereka pada pasar mesin pencari di Tiongkok.

7. Xiaomi Corporation

Xiaomi Corporation adalah perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk-produk elektronik konsumen, terutama ponsel cerdas. Perusahaan ini juga memproduksi perangkat-perangkat lain seperti televisi pintar, laptop, wearable devices dan produk rumah pintar.

8. Haier Group

Haier Group adalah produsen peralatan rumah tangga terbesar di dunia yang memproduksi berbagai macam produk seperti mesin cuci, lemari es, AC hingga peralatan dapur.

9. BYD Company

BYD adalah produsen mobil listrik dan baterai terkemuka di Tiongkok yang memproduksi bus listrik, truk dan kendaraan komersial.

10. China Mobile Communications Corporation

Sebagai operator telekomunikasi terbesar di Tiongkok, China Mobile menyediakan layanan telepon seluler hingga internet kepada jutaan pelanggan di Tiongkok.

Peran Pemerintah Dalam Mendorong Pertumbuhan Perusahaan

1. Kebijakan dan regulasi

Pemerintah Tiongkok menerapkan kebijakan dan regulasi yang mendukung pertumbuhan perusahaan Tiongkok internasional. Hal ini termasuk memberikan insentif fiskal, pembebasan pajak, fasilitas pinjaman dengan suku bunga rendah dan bantuan keuangan lainnya kepada perusahaan yang berencana untuk memperluas operasi mereka di luar negeri.

2. Pembangunan infrastruktur

Pemerintah Tiongkok berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur yang mendukung perusahaan Tiongkok internasional. Ini mencakup pembangunan pelabuhan, bandara, jaringan transportasi dan zona ekonomi khusus yang memudahkan aksesibilitas hingga distribusi produk secara internasional.

3. Diplomasi ekonomi

Pemerintah Tiongkok secara aktif melibatkan diri dalam diplomasi ekonomi untuk mempromosikan perusahaan Tiongkok di tingkat internasional. Mereka menjalin hubungan dengan negara-negara tujuan investasi, mengadakan pertemuan tingkat tinggi hingga memfasilitasi negosiasi perdagangan serta kerjasama bisnis yang menguntungkan perusahaan Tiongkok.

4. Fasilitasi penelitian dan pengembangan

Pemerintah Tiongkok mendorong penelitian dan pengembangan teknologi yang inovatif dengan memberikan dukungan keuangan dan kebijakan yang merangsang perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan. Sehingga hal ini memungkinkan perusahaan Tiongkok untuk menjadi pemimpin dalam sektor-sektor teknologi yang penting di pasar internasional.

5. Perlindungan kekayaan intelektual

Pemerintah Tiongkok telah meningkatkan upaya untuk melindungi kekayaan intelektual perusahaan Tiongkok di tingkat internasional. Pemerintah mendorong perusahaan untuk mengajukan paten dan hak cipta serta meningkatkan penegakan hukum terhadap pelanggaran kekayaan intelektual.

6. Pendidikan dan pelatihan

Pemerintah Tiongkok meluncurkan inisiatif pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas tinggi bagi perusahaan Tiongkok yang beroperasi di tingkat internasional.Pemerintah memperkuat sistem pendidikan hingga pelatihan teknis serta mendukung pengembangan keahlian yang relevan dengan kebutuhan pasar global.

7. Fasilitasi akses pasar

Pemerintah Tiongkok memainkan peran penting dalam membantu perusahaan Tiongkok mengakses pasar internasional. Pemerintah melakukan negosiasi perjanjian perdagangan bilateral dan multilateral, mengurangi hambatan tarif dan non-tarif serta meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Tiongkok di berbagai negara.

Author: emart