6 Filosofi Eric Flannum Dalam Mendesain Sebuah Game

6 Filosofi Eric Flannum Dalam Mendesain Sebuah Game

6 Filosofi Eric Flannum Dalam Mendesain Sebuah Game – Eric Flannum adalah seorang pencipta game terkenal yang telah memberikan kontribusi penting dalam industri permainan video. Ia lahir pada tanggal 15 April 1975 di sebuah kota kecil di Amerika Serikat.

Pada awal kariernya, Eric Flannum belajar ilmu komputer pada sebuah universitas terkemuka. Selama masa kuliah, ia terpesona oleh potensi yang dimiliki oleh permainan video dan bagaimana teknologi tersebut dapat menghubungkan orang-orang secara luas melalui hiburan interaktif. Sehingga ini mendorongnya untuk fokus pada pengembangan permainan.

Keberhasilan besar Eric datang pada tahun 2005, ketika ia menjadi salah satu anggota inti tim pengembangan game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang sangat populer, yaitu Guild Wars.

Ia memainkan peran kunci dalam merancang dunia permainan, menciptakan cerita menarik, hingga mengembangkan sistem pertempuran yang inovatif. Kesuksesan Guild Wars membuatnya menjadi terkenal di kalangan pengembang dan pemain game.

Eric Flannum terus memperluas pengetahuannya dan keterampilannya dalam industri permainan. Ia menjadi salah satu arsitek utama di perusahaan tersebut, bertanggung jawab atas pengembangan berbagai judul game yang sukses. Ia juga berperan dalam merancang dan mengimplementasikan fitur-fitur penting yang mempengaruhi pengalaman pemain.

Selain berkarier di industri permainan, Eric juga menjadi pembicara di konferensi game internasional, berbagi wawasan dan pengetahuannya dengan pengembang game lainnya. Ia dikenal sebagai orang yang rendah hati dan suka berbagi ilmu. Banyak pengembang muda yang terinspirasi oleh keberhasilannya dan mencari nasihatnya dalam memulai karier di dunia permainan.

Setelah beberapa tahun bekerja di industri permainan, Eric Flannum memutuskan untuk berfokus pada proyek independen. Ia mendirikan studio game kecilnya sendiri dengan visi untuk menciptakan pengalaman bermain yang unik dan inovatif. Dalam proyek-proyeknya yang lebih baru, Eric terus mengeksplorasi batas-batas teknologi dan mempersembahkan permainan yang menggugah imajinasi pemain.

6 Filosofi Eric Flannum Dalam Mendesain Sebuah Game

1. Keterlibatan Pemain

Flannum percaya bahwa pemain harus merasa terlibat secara aktif dalam permainan. Ia berusaha menciptakan pengalaman bermain yang memungkinkan pemain untuk membuat keputusan yang berarti dan memiliki dampak signifikan pada alur cerita atau jalannya permainan.

2. Penyampaian Narasi

Filosofi desain lain yang dimiliki oleh Flannum adalah pentingnya menyampaikan narasi dengan cara yang kuat dan mendalam. Ia berusaha untuk mengintegrasikan elemen cerita yang kaya dan mendalam ke dalam permainan, sehingga pemain terlibat secara emosional dan terhubung dengan dunia yang diciptakan.

3. Kebebasan Eksplorasi

Flannum cenderung memberikan kebebasan eksplorasi kepada pemainnya. Ia ingin pemain merasa memiliki kendali atas pengalaman mereka dan dapat mengeksplorasi dunia permainan sesuai keinginan mereka. Ini menciptakan rasa kebebasan dan meningkatkan keterlibatan pemain.

4. Keseimbangan Tantangan

Flannum memperhatikan pentingnya menjaga keseimbangan tantangan dalam permainan. Ia berusaha untuk menciptakan kurva kesulitan yang terarah, di mana pemain dapat merasa terpacu untuk terus maju, tetapi tidak terlalu sulit sehingga menghilangkan kesenangan bermain.

5. Desain Visual yang Menarik

Salah satu ciri khas desain Flannum adalah penekanannya pada desain visual yang menarik. Ia berupaya menciptakan dunia permainan yang indah, memikat, dan memiliki estetika yang khas. Desain visual yang menarik dapat meningkatkan pengalaman pemain dan membuat permainan lebih menarik secara visual.

6. Keterlibatan Tim

Flannum juga menghargai keterlibatan tim dalam proses pengembangan permainan. Ia percaya bahwa kerjasama dan kolaborasi yang kuat di antara anggota tim dapat menghasilkan karya yang lebih baik. Ia mendorong kolaborasi kreatif, diskusi terbuka, dan saling mendukung di dalam tim.

5 Game Terbaik Karya Eric Flannum

1. Guild Wars 2 (2012)

Eric Flannum merupakan Game Director untuk Guild Wars 2, sebuah MMORPG yang sangat sukses. Ia berperan dalam merancang dunia permainan yang luas, sistem pertempuran yang dinamis, dan menyampaikan narasi yang mendalam. Guild Wars 2 mendapatkan pujian atas inovasinya, terutama dalam hal penyampaian cerita dan pengalaman bermain yang kaya.

2. Guild Wars : Eye of the North (2007)

Sebagai Lead Designer, Flannum memimpin pengembangan ekspansi untuk game asli Guild Wars ini. Eye of the North terkenal karena fokusnya pada eksplorasi dunia yang lebih dalam, tantangan baru, dan memperkenalkan elemen-elemen cerita yang menghubungkan dengan Guild Wars 2.

3. Guild Wars : Factions (2006)

Flannum juga berkontribusi dalam pengembangan Guild Wars: Factions sebagai seorang Desainer. Game ini memperluas dunia Guild Wars dengan menampilkan benua Cantha yang eksotis, menjadikannya sebagai konten ekspansi yang sangat populer bagi para pemain.

4. Guild Wars : Prophecies (2005)

Sebagai Desainer Senior, Flannum terlibat dalam pengembangan game asli Guild Wars ini. Prophecies menghadirkan dunia yang kaya dengan narasi yang menarik, sistem pertempuran yang unik, dan berbagai tantangan menarik untuk pemainnya.

5. Arenanet’s Project B (TBA)

Eric Flannum saat ini terlibat dalam pengembangan game yang belum rilis dengan kode nama “Project B” di Arenanet. Detailnya belum terungkap secara resmi, tetapi diharapkan bahwa game ini akan mencerminkan keahlian desain Flannum dan memperkenalkan elemen yang inovatif.

Author: emart