7 Kontroversi Rilisnya Logo Piala Dunia 2026

7 Kontroversi Rilisnya Logo Piala Dunia 2026

7 Kontroversi Rilisnya Logo Piala Dunia 2026 – Piala Dunia Qatar 2022 baru saja berakhir dan meninggalkan banyak kenangan pahit dan manis bagi Timnas negara peserta. Haru Biru, canda tawa dan sorak sorai penonton dari penonton hingga fans sepak bola diseluruh dunia merwarnai pemandangan sehari-hari satadion yang menjadi tempat pertandingan berlansung.

Piala Dunia FIFA menjadi ikon yang mendunia bahkan merambah sampai ke dunia industri dan bisnis komersil yang sangat menguntungkan. Bahkan belum saatnya pun tiba Piala Dunia 2026, namun euforia dan gaungnya sudah membahana ke seluruh dunia dan menjadi objek bagi para pebisnis untuk menciptakan peluang bisnis.

Salah satu yang menjadi kehebohan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2026 yang akan terselenggara di 3 negara sebagai tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.Rilisnya logo Piala Dunia 2026 mengundang decak kagum hingga kritik dan kontroversi dari para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Pada kesempatan ini kita akan membahas menegenai logo Piala Dunia 2026 ya sobat. Kalau kamu masih penasaran, simak ulasan berikut !

7 Kontroversi Rilisnya Logo Piala Dunia 2026

Logo Piala Dunia 2026 dirilis sebagai simbol resmi dari turnamen sepak bola terbesar di dunia yang akan diadakan pada tahun tersebut. Banyak netizen di media sosial yang mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap desain logo Piala Dunia 2026. Menurut mereka, desain ini jauh lebih jelek ketimbang desain logo Piala Dunia edisi sebelum-sebelumnya.

Namun, ada pula netizen yang menilai bahwa desain logo Piala Dunia 2026 ini justru bagus. FIFA ingin netral dalam menentukan desain logo karena Piala Dunia kali ini bakal terlaksana di tiga negara dengan budaya yang berbeda satu sama lain.

Logo ini memiliki desain yang mencerminkan semangat, identitas, dan nilai-nilai Piala Dunia. Lambang ini  menggabungkan elemen-elemen yang mewakili tuan rumah bersama dan semangat olahraga.

Warna, bentuk, dan simbol yang terpilih dapat merepresentasikan budaya, warisan hingga karakteristik unik dari negara-negara tuan rumah. Logo ini terrancang untuk memberikan pengakuan internasional dan mendapatkan daya tarik yang luas seluruh dunia.

Ia dapat mencerminkan semangat persatuan, kebanggaan dan semangat persaingan yang terjadi selama turnamen. Perilisan logo Piala Dunia 2026 akan mendapatkan perhatian dari pecinta sepak bola  seluruh dunia, mengundang kegembiraan dan antisipasi sehubungan dengan turnamen yang akan datang.

Proses Seleksi dan Pemilihan

Proses seleksi dan pemilihan logo Piala Dunia 2026 melibatkan beberapa pihak terkait seperti panitia penyelenggara, penghargaan kontrak desain dan tim penilaian.

7 tahapan proses seleksi dan pemilihan logo Piala Dunia :

1. Penetapan Kriteria

Panitia penyelenggara menetapkan kriteria yang harus terpenuhi oleh logo Piala Dunia 2026 seperti representasi global, relevansi dengan budaya, kesesuaian dengan tema acara dan kemampuan untuk mencerminkan semangat kompetisi.

2. Pengumuman dan Permintaan Proposal

Panitia penyelenggara mengumumkan permintaan proposal untuk desain logo Piala Dunia 2026 kepada masyarakat umum, perusahaan desain atau individu yang berminat.

3. Evaluasi dan Seleksi Awal

Tim penilaian yang terdiri dari ahli desain, perwakilan panitia penyelenggara, dan mungkin juga perwakilan sponsor, melakukan evaluasi terhadap proposal-proposal yang masuk.

4. Penyortiran dan Penilaian Lanjutan

Proposal-proposal yang lolos seleksi awal kemudian tersortir dan dinilai secara lebih mendalam. Tim penilaian melihat aspek-aspek seperti kreativitas, kesesuaian dengan tema, kesan visual, dan kemampuan untuk menggambarkan semangat Piala Dunia 2026.

5. Pemilihan Finalis

Setelah penilaian lanjutan, beberapa proposal yang memiliki potensi dan kualitas terbaik dipilih sebagai finalis. Jumlah finalis ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan panitia penyelenggara.

6. Presentasi dan Umpan Balik

Finalis-finalis hadir untuk melakukan presentasi dan mempresentasikan konsep serta ideologi di balik desain logo mereka. Panitia penyelenggara memberikan umpan balik dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian tertentu pada logo-logo tersebut.

7. Pemilihan Logo Pemenang

Berdasarkan presentasi, umpan balik dan pertimbangan akhir, panitia penyelenggara memilih satu logo pemenang yang akan menjadi representasi resmi Piala Dunia 2026 kemudian pengumuman secara publik dan akan terpakai dalam semua materi promosi, merchandise dan branding terkait acara tersebut.

Author: emart