Tetris Salah Satu Game Edukatif Yang Klasik Dan Seru

Tetris Salah Satu Game Edukatif Yang Klasik Dan Seru

Tetris Salah Satu Game Edukatif Yang Klasik Dan Seru – Siapa yang tidak mengenal dengan game yang satu ini ? Game yang begitu ikonik dan menjadi legenda karena begitu unik, klasik dan seru. Pada masanya, game ini begitu banyak peminatnya mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa hingga orang tua pun tak lepas dari permainan ini.

Ya, ketenaran game tetris ketika itu masih dimainkan pada perangkat game boy menjadi magnet yang kuat sehingga boleh dikatatan bahwa tiada hari tanpa bermain game ini. Walaupun game tetris memiliki tampilan yang sangat sederhana, bahkan terkesan gampang untuk memainkannya, namun jangan salah ya guys, game ini juga memiliki tingkat kesulitan tertentu dan membutuhkan konsentrasi penuh saat memainkkannya.

Tetris Salah Satu Game Edukatif Yang Klasik Dan Seru

Tetris adalah sebuah game yang diciptakan oleh seorang programmer Rusia bernama Alexey Pajitnov pada tahun 1984. Game ini awalnya rilis untuk komputer Soviet Elektronika 60 dan kemudian disesuaikan untuk komputer pribadi seperti komputer IBM PC.

Game Tetris terdiri dari sebuah kotak yang terdiri dari empat blok kecil yang disebut tetrominoes yang jatuh dari atas layar. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengatur tetrominoes sehingga mereka membentuk baris horizontal penuh di dasar kotak tanpa ada celah di antara blok-blok tersebut.

Ketika sebuah baris horizontal terbentuk, baris tersebut akan hancur dan pemain akan mendapatkan poin sehingga akan lanjut pada level berikutnya. Tetris menjadi sangat populer pada akhir 1980-an dan awal 1990-an ketika rilis untuk komputer pribadi dan konsol game seperti Nintendo Game Boy.

Game ini menjadi salah satu game paling ikonik dalam sejarah video game dan telah mengalami penyesuaian untuk hampir setiap platform game yang ada, termasuk ponsel, tablet dan konsol modern.Perkembangan game Tetris tidak berhenti sampai di situ saja, namun berbagai versi baru dan varian game ini terus muncul dengan tambahan fitur-fitur baru seperti mode multiplayer, grafis yang lebih baik dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Pada tahun 2018, game Tetris Effect rilis untuk PlayStation 4 dan VR, memperkenalkan elemen musik dan visual yang memukau. Dalam beberapa dekade terakhir, game Tetris telah menjadi simbol klasik dalam industri game dan tetap menjadi salah satu game yang paling banyak peminatnya di seluruh dunia.

Versi Game Tetris yang Tersedia

Inilah yang membuat game yang bergenre puzzle ini tetap menjadi idola karena memiliki  banyak versi sehingga kita memiliki banyak pilihan dan tidak bosan untuk memainkannya.

7 versi game tetris yang tersedia :

1. Tetris Classic

Ini adalah versi asli game Tetris yang rilis pada tahun 1984. Pada game ini, pemain harus memutar, memindahkan dan menempatkan blok-blok berbeda dalam bentuk yang tepat untuk menciptakan garis horizontal yang utuh.

2. Tetris 99

Versi ini rilis pada tahun 2019 untuk Nintendo Switch dan menjadi populer pada kalangan gamer. Pemain bertanding dalam mode battle royale dan mencoba untuk bertahan hidup dengan mengirim blok ke lawan mereka saat mereka menciptakan garis horizontal.

3. Tetris Effect

Ini adalah versi yang rilis pada tahun 2018 untuk PlayStation 4 dan PC. Versi ini memadukan grafis visual dan audio yang menakjubkan, pemain disajikan dengan pengalaman yang menggugah dan menghipnotis.

4. Tetris DS

Versi ini dirilis pada tahun 2006 untuk Nintendo DS dan menampilkan banyak mode game, termasuk mode multiplayer, mode mission dan mode puzzle.

5. Tetris Battle

Versi ini adalah game Tetris yang dimainkan secara online melalui Facebook dan sangat populer pada kalangan pengguna Facebook pada awal 2010-an.

6. Tetris Blitz

Versi ini rilis pada tahun 2013 untuk iOS dan Android dan menawarkan mode permainan yang cepat dan intensif sehingga pemain mencapai skor tertinggi dalam waktu yang terbatas.

7. Tetris Effect Connected

Ini adalah versi yang sudah megalami pembaruan dari Tetris Effect yang rilis pada tahun 2021. Di sini, kamu dapat bermain dengan teman-temanmu  secara online dalam mode multiplayer dan mode co-op.

Dampaknya Pada Kecerdasan dan Kesehatan Otak

Game tetris tidak hanya sebagai sarana hiburan pada saat mengisi waktu luang, namun game ini juga mempunyai dampak yang positif pada kecerdasan dan kesehatan otak kita. Bermain Tetris dapat membantu meningkatkan kemampuan spasial Anda. Ini karena game ini melibatkan pemikiran tentang bentuk, ukuran, dan letak benda-benda di ruang. Dengan berlatih memindahkan blok-blok di dalam permainan, otak akan terbiasa dalam memproses informasi spasial secara lebih baik.

5 Dampak positif bermain game tetris :

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Bermain Tetris dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif misalnya kemampuan memori, pemecahan masalah dan pemikiran abstrak. Game ini mengharuskan Anda untuk berpikir cepat dan membuat keputusan dalam waktu singkat, sehingga membantu melatih otak Anda untuk berpikir lebih efisien.

2. Mengurangi stres dan kecemasan

Bermain Tetris dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Game ini dapat membantu mengalihkan perhatian kita dari masalah yang sedang kamu hadapi dan membantu meredakan ketegangan otot.

3. Meningkatkan konsentrasi

Bermain Tetris dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Game ini memerlukan perhatian penuh terhadap permainan dan tugas yang harus kamu lakukan sehingga membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi kamu.

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Bermain Tetris dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Game ini melibatkan gerakan cepat dan akurat pada tombol-tombol yang tepat sehingga dapat membantu melatih keterampilan koordinasi antara tangan dan mata.

5. Meningkatkan kemampuan kerja

Bermain Tetris dapat membantu meningkatkan kemampuan multitasking. Game ini memerlukan perhatian pada beberapa hal sekaligus seperti memperhatikan blok yang turun dan mengatur posisi blok-blok yang ada di layar. Latihan mengerjakan pekerjaan secara beruntun dan bersamaan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kerja dalam kehidupan sehari-hari.

Author: emart